Cara Membedakan Kambing Kurban yang Sehat dan yang Tidak

Cara Membedakan Kambing Kurban yang Sehat dan yang Tidak

Cara Membedakan Kambing Kurban yang Sehat dan yang Tidak

 

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah identik dengan Hari Raya Kurban atau penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban ini biasanya akan diselenggarakan setelah umat muslim melaksanakan shalat sunnah Idul Adha.

Berbagai macam hewan kurban di Indonesia, seperti kambing kurban, sapi kurban, dan domba, biasanya sudah memenuhi masjid-masjid tempat dilaksanakannya shalat Idul Adha, sekaligus eksekusi penyembelihan hewan kurban.

Hewan-hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari warga sekitar guna disembelih pada perayaan Idul Adha dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Memilih hewan kurban tidak bisa sembarangan, karena akan mempengaruhi sah atau tidaknya kurban.

Beberapa ketentuan, seperti membeli hewan kurban dengan menggunakan harta yang halal, memperhatikan usia kambing kurban sudah genap 1 tahun atau masuk tahun ke-2, usia sapi kurban sudah mencapai 2 tahun atau masuk tahun ke-3, usia domba sudah genap 6 bulan atau memasuki tahun ke-7, usia unta genap 5 tahun atau masuk tahun ke-6.

Nah, untuk mengetahui ketepatan umur kambing dapat dilihat dari pergantian gigi susu ke gigi tetap yang disebut dengan istilah Kupa.

Selain ketentuan tersebut, hewan yang akan dikurbankan juga harus diperiksa kesehatannya. Hewan kurban yang sakit tidak sah dikurbankan. Misalnya, Anda akan menyumbangkan kambing kurban, Anda harus memeriksa dan memastikan terlebih dahulu, apakah kambing tersebut mengalami kecacatan, seperti buta, pincang, sakit, kurus, gangguan jiwa, dan sebagainya.

Jika kambing tersebut mengalami kecacatan, baiknya Anda memilih hewan atau kambing lainnya untuk dikurbankan.

Lalu, bagaimana membedakan hewan kurban yang sehat atau tidak? Banyak orang mempercayai begitu saja para pedagang hewan kurban. Mempercayai pedagang hewan kurban perlu, namun Anda perlu juga tahu ciri hewan kurban yang sehat dan sah untuk disumbangkan. Masyarakat sangat diimbau agar dapat membedakan hewan kurban yang sehat dan tidak secara kasat mata.

Terdapat tips agar mendapatkan hewan kurban yang terbebas dari penyakit, yaitu pilihlah hewan kurban; kambing, sapi, domba, ataupun unta kurban yang memiliki badan yang bersih, gemuk, berisi, dan segar mengkilat.

Tidak hanya itu, perhatikanlah pada bagian matanya, pilihlah hewan kurban yang memiliki mata yang cerah tanpa belek, biasaya hewan yang memiliki penyakit memiliki mata yang selalu berair.

Perhatikan juga kulitnya, pilihlah kulit hewan kurban yang terbebas dari scabies (penyakit kulit). Kemudian, perhatikan bagian alat kelaminnya normal tidak besar sebelah, yang liurnya tidak berlebihan, hidungnya tidak berlendir, dan memiliki suhu badan normal.

Jika Anda masih kurang yakin, Anda bisa berkurban melalui Global Qurban yang terpercaya kualitasnya. Anda juga bisa cek harga kambing kurban atau hewan kurban lainnya pada laman https://www.globalqurban.com. Yuk, segerakan berkurban!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
30 − 12 =