Harimau Cina Selatan, Harimau Paling Terancam Punah

Harimau Cina Selatan, Harimau Paling Terancam Punah

Harimau Cina Selatan

Harimau Cina Selatan (juga dikenal sebagai harimau Cina atau Xiamen) adalah subspesies harimau yang berukuran lebih kecil yang berasal dari hutan di Cina selatan. Harimau Cina Selatan adalah spesies harimau yang paling terancam punah dengan hanya beberapa ekor saja yang tersisa di alam liar.

Harimau Cina Selatan secara alami ditemukan di hutan dataran rendah yang beriklim di selatan Cina, di mana jangkauannya yang dulu luas kini telah berkurang menjadi beberapa populasi terpencil, yang konon mereka masih ditemukan menghuni perbatasan pegunungan antar provinsi.

Harimau Cina Selatan adalah salah satu spesies harimau terkecil setelah harimau Sumatra dan harimau Malaya. Seperti spesies harimau berukuran lebih kecil lainnya, ukuran harimau Cina Selatan yang kecil memungkinkannya untuk melewati hutan lebat dengan lebih mudah.

Seperti spesies harimau lainnya, harimau Cina Selatan dikenal sebagai perenang yang kuat dan tangguh, sering mampu menangkap mangsanya ketika berada di air. Namun, strategi berburu ini hanya berhasil jika harimau Cina Selatan lebih cepat dari pada hewan yang diburu.

Harimau Cina Selatan adalah predator yang dominan dan pemakan daging, memburu mangsanya dengan mengintai hingga harimau Cina Selatan memiliki kesempatan untuk menangkapnya. Harimau Cina Selatan terutama memburu mamalia besar termasuk rusa, babi hutan, sapi dan kambing.

Karena ukuran dan kekuatan harimau Cina Selatan, ia tidak memiliki pemangsa alami di lingkungan asalnya. Manusia menjadi pemburu harimau Cina Selatan dan membuatnya kehilangan habitat, manusia adalah satu-satunya ancaman bagi harimau Cina Selatan.

Setelah periode kehamilan 3 hingga 4 bulan, harimau betina Cina Selatan melahirkan hingga 5 ekor anak. Bayi harimau Cina Selatan yang baru lahir beratnya sekitar 1 kg (2 lb) dalam keadaan buta dan tidak berdaya. Sang ibu memberi mereka susu selama 2 bulan dan kemudian anak harimau Cina Selatan diperkenalkan pada makanan daging. Anak harimau Cina Selatan bergantung pada ibu mereka selama 18 bulan pertama dan kemudian mereka mulai berburu sendiri.

Hari ini, karena hilangnya habitat yang disebabkan oleh penggundulan hutan, dan perburuan oleh pemburu manusia, harimau Cina Selatan dianggap sebagai spesies yang sangat terancam punah. Harimau Cina Selatan adalah spesies harimau yang paling terancam punah dan salah satu dari 10 hewan paling terancam di dunia, karena diperkirakan ada kurang dari 20 harimau China Selatan yang tersisa di alam liar.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
25 + 16 =