Mengenal Tiga Jenis Software Akuntansi

Mengenal Tiga Jenis Software Akuntansi

Software akuntansi yaitu perangkat lunak pada perangkat komputer yang secara khusus digunakan dalam pengerjaan aneka laporan keuangan, seperti neraca, transaksi jual beli, laba rugi, dan lain sebagainya. Software khusus akuntansi ini secara umum dibagi ke dalam tiga jenis yang berbeda. Ketiganya adalah software paket, software custom serta software akuntansi paket yang bisa dikustomisasi. Masing-masing jenis software tentu memiliki karakteristik, kelebihan serta kelemahan tersendiri yang saling berbeda satu sama lain. Untuk lebih memahami ketiga jenis software khusus untuk membantu pekerjaan di bidang akuntasi, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Macam-macam Software Akuntansi

Pertama ada software paket, yaitu jenis software yang sudah terpaket sehingga tidak dapat diotak-atik lagi. Kelebihannya adalah harga terjangkau dan mudah digunakan. Sementara kekurangannya antara lain adalah kita sebagai pengguna wajib untuk menyesuaikan kebutuhan serta kegiatan ekonomi sesuai keadaan software. Seringkali ditemukan software paket yang tak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jenis berikutnya adalah software kustom yang dapat dimodifikasi sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pengguna masing-masing. Proses modifikasinya sendiri bisa dilakukan baik saat software dibeli atau setelah dibeli di software house. Biasanya, software kustom akan dikembangkan sendiri oleh perusahaan terkait. Keuntungan penggunaan software custom ialah bisa lebih disesuaikan kebutuhan pengguna sehingga lebih fleksibel.

Kelemahan software custom terutama adalah pada harga yang lebih tinggi. Selain itu, software custom yang dikembangkan sendiri juga memiliki resiko yang lebih besar serta dukungan purna jual yang tak bisa diandalkan. Stabilitas software juga lebih rendah. Terakhir ada jenis software paket custom. Software ini memiliki modul standar serta bisa dilakukan modifikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan dari penggunaannya adalah harga lebih terjangkau, stabilitas tinggi serta bisa digunakan dengan cepat. Sementara kelemahan ada pada lamanya waktu customisasi yang dibutuhkan. Dukungan purna jual juga akan lebih sulit untuk didapatkan karena perbedaan modifikasi dari masing-masing pengguna. Demikian adalah penjelasan tiga macam software khusus di bidang akuntansi. Kita bisa mendapatkanya dengan lebih mudah di situs LimaxSoftware.com yang menyediakan software premium dan berkualitas.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
20 ⁄ 10 =