Tips Hindari Sakit Cacar pada Bayi

Tips Hindari Sakit Cacar pada Bayi

bayi sehat anti penyakit
bayi sehat anti penyakit
bayi sehat

Kesahatan pada bayi adalah yang utama bagi orang tua. Bayi sehat dan terhindar dari penyakit adalah dambaan semua orang tua. Menjaga pola makan dan asupan makanan yang bergizi adalah salah satu cara menghindarkan penyakit pada bayi Anda. Berikan makanan empat sehat lima sempurna pada setiap asupan makanan yang diberikan.

Sebelum muncul gejala cacar air pasti ada penyebab terjadinya penyakit cacar air,

  • Virus cacar air ditularkan melalui kontak langsung dengan bintik cacar air dari penderita lain
  • Virus cacar air ditularkan melalui percikan air liur dari penderita tanpa disadari saat berkomunikasi langsung dengan penderita
  • Virus cacar air ditularkan melalui benda-benda yang terkontaminasi bekas penderita

Salah satu penyakit yang bisa menyerang bayi adalah penyakit cacar. Bayi sakit cacar biasanya berlangsung selama 5 sampai 10 hari. Bayi akan sering menangis dan kehilangan nafsu makannya serta bayi akan lesu dan tidak aktif lagi. Nah, berikut ini gejala cacar air yang menyerang bayi :

  • Gejala awal munculnya cacar air adalah munculnya ruam kemerahan atau merah muda (papula) yang nantinya akan pecah pada beberapa hari yang akan datang.
  • Pada ruam yang kemerahan tadi yang tadinya berisi cairan lepuh (vesikel) aakan muncul sebelum pecah pada hari sebelumnya.
  • Setelah pecah, akan muncul bekas luka pada kulit. Bekas luka yang kering akan melapisi bekas lepuhan dan biarkan saja sampai beberapa hari dan cacar air pun akan sembuh dengan sendirinya. Tetpi untuk mempercepat bisa menggunakan salep yang harus dianjurkan oleh dokter. Meskipun membeli salep di apotek haruslah tetap menggunakan resep dokter untuk menghindari infeksi da iritasi pada kulit bayi yang terkena cacar air.

Para orang tua jangan khawatir jika anak Anda terkena cacar air, berikut adalah pengobatan yang dapat dilakukan:

  1. Pemberian antivirus ini bisa dilakukan dalam kurun waktu 48 jam setelah bintik pertama muncul pada bayi.
  2. Perbanyak istirahat dengan cukup.
  3. Berikan asi ekskluif, karena bagaimana pun asi adalah obat dari segala menyakit yang ada dan asi merupakan makanan terbaik untuk bayi.

Baca juga : gejala bayi sakit campak

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
19 − 13 =